Kumpulan artikel tentang IT, Informatika, Tutorial VB, Elektro, Mikrokontroler serta Kumpulan Puisi & Cerpen

Kamis, Maret 26, 2009

KELUARGA SAKINAH, KELUARGA YANG BAHAGIA

Membentuk keluarga sakinah penuh berkah merupakan tuntutan fitrah manusia dan agama. Keluarga yang dikehendaki oleh fitrah manusia adalah yang dapat mewujudkan sakinah, sehingga tercipta mawaddah dan rahmah. Keluarga sakinah yang dikehendaki oleh fitrah manusia dan agama ialah terwujudnya suasana keluarga yang bersatu tujuan, selalu dapat berkumpul dengan baik, rukun dan akrab dalam kehidupan sehari-hari, penuh persahabatan, intim, saling menghargai, saling mempercayai, dan bersikap ramah tamah antara satu dengan yang lain.
Dengan suasana itu, terciptalah perasaan sama-sama senang dan keinginan untuk meredam emosi yang negatif sehingga kehidupan keluarga membawa kebaikan bagi semua anggota keluarga dan berdampak ketenangan bagi lingkungannya sehingga dapat tercipta suasana salam(damai dan sejahtera) dan aman di tengah masyarakat. Inilah yang dimaksud dengan “keluarga sakinah penuh berkah”.Keluarga seperti ini hanya dapat diwujudkan dengan berpangkal tolak pada ajaran agama.

Adapun ciri-ciri keluarga sakinah penuh berkah, antara lain adalah:
1. Memiliki semangat kebersamaan secara ikhlas
Suami istri yang memiliki kebersamaan lahir batin yang mendalam akan dapat mewujudkan kehidupan rumah tangga sakinah dan penuh berkah. Dikatakan memilki kebersamaan lahir batin antara lain apabila:
1)Suami istri menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan agama.
2)Suami istri saling mengenal tipenya.
3)Suami istri bebas dari hal-hal yang menyebabkan perceraian.

2. Menjaga kebersihan aqidah
Keluarga yang ingin hidupnya menjadi sakinah penuh berkah wajiblah memiliki aqidah yang bersih agar tidak terombang-ambing oleh berbagai macam kepercayaan yang merusak ketentraman, ketenangan, dan keteguhan hatinya dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari.

3. Memelihara ibadah
Agar dapat melaksanakan ibadah dengan ikhlas, kita wajib memelihara ibadah dengan seksama dan melaksanakannya sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

4. Giat melakukan amar ma’ruf nahi munkar
Usaha yang dapat dilakukan untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar yaitu:
1)Senantiasa menegakkan agama Allah dalam kehidupan sehari-hari.
2)Menjauhi tatanan hidup sekuler

5. Memiliki anak-anak yang shalih

6. Hubungan antara orang tua dan anak akrab

7. Hubungan sesama anak baik
Anggota keluarga dalam satu keluarga haruslah senantiasa berprilaku penuh kasih sayang, lemah lembut, bertutur kata sopan, dan berprilaku beradab. Dengan sikap ini, akan tercipta hubungan yang benar-banar baik dalam keluarga sehingga suasana keluarga penuh ketenangan dan kebajkan yang membahagiakan penghuninya.

8. Rezekinya halal

9. Suasana rumah islami
Rumah yang bersih dari hal-hal yang dilarang oleh islam akan dipenuhi oleh suasana saling mencintai, menyayangi, cerah, tentram, aman, dan bahagia.

Sebuah keluarga dapat berhasil membangun rumah tangga sakinah penuh berkah bila mereka benar-benar dapat memenuhi hal-hal yang telah diuraikan di atas dengan sebaik-baiknya.

Keluarga bahagia adalah keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah, dan penuh berkah.
Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang “sederhana”. Dilihat dari segi sandangnya, mereka selalu berpakaian apa adanya namun bersih dan rapi. Dilihat dari segi pangan, tidak berlebihan namun bergizi dan sehat. Dilihat dari segi papan, tidak terlalu mewah namun bersih dan indah. Dilihat dari pendidikan anak-anaknya, anak-anaknya mendapat pendidikan yang cukup, baik pendidikan umum maupum pendidikan keagamaannya, sehingga mereka memiliki keturunan yang shalih dan shalihah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kalender Hijriah


Jadwal Sholat


Subscribe

kirim update terbaru dari

Blog Irda langsung ke Email anda!


Komentar Terbaru

Site Info

Tukeran link yuk

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Irdaloves Blog

Follower

Blog Archive