Kumpulan artikel tentang IT, Informatika, Tutorial VB, Elektro, Mikrokontroler serta Kumpulan Puisi & Cerpen

Kamis, April 02, 2009

IDE Visual Basic

Kali ini saya akan bercerita tentang Visual Basic. Ada apa sich dengan Visual Basic??
Gosipnya nich…Visual Basic itu sering digandrungi sama para programmer. Dan menurut hasil penelitian saya, sebagian besar mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik(informatika dan komputer khususnya) menggunakan “alat” ini untuk menyelesaikan Tugas Akhir mereka termasuk saya(hehe..)
Nah…bagi temen-temen yang belum kenal sama Visual Basic ini dan mungkin ingin mengenalnya, saya akan mencoba menjelaskan sedikit saja.
Visual Basic adalah salah satu tools bahasa pemrograman yang tergabung dalam Visual Studio yang diterbitkan oleh Microsoft.
Dengan tools ini kita dapat membuat berbagai macam aplikasi. IDE (Integrated Development Environment) adalah bagian Visual Basic yang digunakan untuk menciptakan aplikasi. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.



Gambar di atas menunjukkan suatu lingkungan IDE dalam Visual Basic yang terdiri atas beberapa komponen antara lain yaitu: MenuBar, ToolBar, Jendela TooBox, Jendela Form Designer, Jendela Kode Editor, Jendela Project, Jendela Propertis dan Jendela Form Layout. Berikut keterangan tentang komponen-komponen IDE Visual Basic.

MenuBar



Dapat membantu kita dalam memilih tugas-tugas tertentu pada Visual basic seperti memulai,membuka file,menyimpan atau menutup suatu aplikasi.

ToolBar



Fungsinya tidak jauh berbeda dengan MenuBar hanya saja penggunaan ToolBar lebih praktis karena kita tinggal meng-klik salah satu ikon untuk memberikan perintah pada Visual Basic sama halnya dengan ToolBar dalam Ms.Word dan lain sejenisnya.

Jendela ToolBox



Jendela ToolBox berisi komponen yang dapat kita gunakan dalam mendesain interface sebuah aplikasi. Terdapat banyak pilihan komponen dalam jendela ToolBox ini diantaranya: Label, CommandButton, TextBox, CheckBox, ComboBox, ListBox, Timer, Image, Shape, Line, dan masih banyak lagi dengan kegunaan masing-masing.

Jendela Form Designer



Jendela ini ibarat kertas gambar dimana kita dapat merancang atau mendesain sebuah tampilan yang menarik untuk aplikasi yang akan dibangun dengan menggunakan komponen-komponen yang terdapat pada jendela ToolBox.

Jendela Kode Editor


Secara umum digunakan untuk menuliskan kode program dalam pembuatan sebuah aplikasi.

Jendela Project



Digunakan untuk melihat control yang ada didalam form secara hierarki seperti Windows Explorer

Jendela Properties



Digunakan untuk memanipulasi control yang sudah ada dalam form seperti mengubah warna control yang terdapat didalam form, merubah ukuran dan masih banyak lagi. Pada jendela Properties terdapat dua halaman yaitu Alphabetic(menampilkan properties secara alphabetic) dan Categorized(menampilkan properties menurut kategorinya)

Jendela Form Layout



Untuk menampilkan tata letak(layout) form pada projek.

Oke teman-teman saya rasa cerita di atas cukup untuk mengenalkan teman-teman dengan Visual basic. Bagi teman-teman yang ingin bertanya atau menambahkan, silahkan berikan pada kolom komentar.
Terimakasih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kalender Hijriah


Jadwal Sholat


Subscribe

kirim update terbaru dari

Blog Irda langsung ke Email anda!


Komentar Terbaru

Site Info

Tukeran link yuk

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Irdaloves Blog

Follower

Blog Archive